Kolam Hidup

Taman yang cantik selalu menampilkan alam sebagai sebuah bahasa visual. Bahasa yang bisa mengikat indera untuk mendekat dan mengenal.
 Anda ingin menghidupkan suasana di taman? Maksimalkan tampilan elemen dengan penataan cahaya. Seringkali kolam di taman tampak begitu-begitu saja. Hanya terlihat permukaan air yang sedikit beriak, dan tak tampak hal lebih yang membuat mata menatap lebih lama.
Cobalah tata kembali desain kolam Anda. Tambahkan unsur pencahayaan yang bisa memaksimalkan gerakan dan tekstur air. Terlihat kini kolam hias berhasil menghiasi indera penglihatan Anda. Pasang lampu tepat di bawah permukaan air. Tujuannya adalah agar tekstur permukaan lebih tereksploitasi. Jangan memasang pencahayaan terlalu dalam, karena bisa jadi malah kotoran kolam yang jadi jelas terlihat.
Gunakan lampu yang kedap air. Pemanfaatan lampu halogen dengan ballast jauh lebih aman. Lampu dengan tipe ini memanfaatkan listrik searah (DC) yang biasanya bervoltase lebih kecil dari lampu yang tanpa ballast (langsung dari instalasi listrik rumah).
Seringkali, sentuhan kecil justru menghidupkan potensi taman yang terabaikan.