Merawat Dapur Putih Tak Sulit Lagi

Sekarang dapur sudah jadi bagian utama di rumah. Tampilan yang selalu bersih menjadi tuntutan.
Dapur berwarna putih memang enak dipandang. Tampilannya mencerminkan kebersihan, dan terlihat memancarkan kesegaran saat memasak. Tak heran warna putih kini semakin banyak dipilih untuk warna utama dapur, selain dinding.
Putih memang warna yang netral, warna yang bisa dipadu-padankan dengan mudah dengan aksesori dan appliances dapur. Warna putih relatif pun menjadi tambah terlihat cantik dengan teknik pencahayaan yang baik.
Finishing yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan dapur putih pun cukup beragam. Mulai dari finishing duco, lalu duco dengan tambahan bahan polyurethane, dan yang lazim digunakan adalah HPL (High Pressure Laminated). Bahan-bahan ini tahan terhadap noda makanan dan minyak yang seringkali terjadi akibat proses memasak. Namun, Anda harus tetap merawatnya secara rutin untuk menghilangkan lapisan minyak akibat uap dari aktivitas memasak. Lapisan minyak inilah yang seringkali memudarkan kecerahan warna putih dapur Anda.
Lalu, bagaimana cara merawatnya? Simpel kok, inilah beberapa teknik merawat dapur berwarna putih:

  • Untuk dapur ber-finishing duco, hindari pembersih yang memiliki kandungan bensin dan methanol. Bahan ini bisa mengikis warna cat Anda. Membersihkan dengan menggunakan lap kain halus yang kering bisa jadi pilihan.
  • Untuk Anda yang memanfaatkan HPL sebagai pelapis, bahan pembersih bisa relatif lebih banyak. Hanya tetap hindari lapisan terendam air yang lama, kerekatan lapisan HPL pada multiplek bisa berkurang.
  • Bersihkan dapur minimal seminggu sekali. Lapisan minyak dari uap yang menempel pada dapur akan jauh lebih mudah dibersihkan.
sumber