Cara Membuat Denah Rumah yang Baik dan Sesuai dengan Kebutuhan


Membuat denah rumah memang susah suah gampang.
Kali ini klikrumahanda mau berbagi kepada Anda bagaimana sih cara membut dengan rumah yang baik dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Cara membuat denah rumah
Persiapkan data yang mencakup lokasi rumah terlebih dahulu sebelum membuat denah rumah, bagaimana posisi tanah dan kondisi lingkungan disekitar lokasi lahan rencana pembuatan rumah diperlukan untuk pembuatan denah rumah yang baik, misalnya untuk keperluan penentuan arah hadap rumah, penentuan arah pandang pada jendela atau teras rumah dan lain sebagainya. (baca juga tips mengukur tanah untuk membangun rumah).
Tentukan data kebutuhan ruangan sesuai dengan kebutuhan kita dimana rungan ini nantinya akan kita dituangkan dalam satu kesatuaan denah rumah, apabila jumlah rencana ruangan melebihi batas area tanah maka dapat dibuat denah rumah bertingkat 2 lantai dan seterusnya sesuai dengan budget pemabangunan rumah yang kita anggarkan, namun bila kita mempunyai budget yang agak pas-pasan mendingan kita memaikan denah ruangan ini dengan trik agar bisa diatur sedemikian rupa kedalam denah rumah 1 lantai dengan berbagai inovasi dan kreatifitas.
Sebelum membangun rumah rajinlah mencari referensi contoh denah rumah yang sesuai dengan bentuk dan ukuran tanah kita, dari contoh denah rumah yang kita dapatkan kita bisa meniru atau dimodifikasi kembali sesuai dengan kebutuhan dan keinginan akan sebuah denah rumah yang baik dan nyaman untuk ditempati.
Pembuatan denah rumah dapat dilakukan dengan cara membuat gambar sketsa rumah baik dilakukan secara manual maupun dengan bantuan software komputer seperti autocad yang lebih memudahkan pekerjaan membuat denah rumah tinggal namun diperlukan pengetahuan terlebih dahulu sebelum dapat membuat denah rumah dengan software autocad.
Perhatikan hubungan antar ruang yang baik, misalnya posisi ruang tamu berada pada area publik yang strategis dan mudah dilihat serta mempunyai pemandangan teras rumah yang baik, posisi dapur berdekatan dengan ruang makan dan ruang keluarga, posisi pintu kamar tidur tidak langsung terlihat dari ruang tamu hal ini untuk mengantisipasi jika kita sedang bangun tidur membuka pintu ruang tidur dalam kondisi jelek ternyata ada tamu yang sedang duduk-duduk santai.
Konsultasikan denah rumah yang dengan seorang arsitek atau musyawarah dengan keluarga calon penghuni rumah apakah sudah mewakili keinginan masing-masing dan sesuai dengan kriteria yang diharapkan, bisa jadi apa yang terbaik menurut kita belum sesuai dengan keinginan dan harapan anggota keluarga yang lain oleh karena itu akan lebih baik jika merubahnya saat masih dalam bentuk gambar denah rumah daripada melakukan pekerjaan bongkar pasang dinding rumah akibat belum sesuai dengan keinginan.