Kolam Ikan Dirumah! Siapa Takut

Kolam minimalis di rumah kini menjadi pilihan terutama untuk memperindah interior rumah. Selain cantik, perawatannya agak lebih mudah. Terdapat beberapa elemen pendukung landscape bangunan hunian seperti taman atau juga kolam ikan.
Tata lekat kolam tidak harus di depan rumah, melainkan bisa juga di samping atau di bagian belakang rumah.
Untuk membuat kolam minimalis di dalam areal rumah, yang pertama harus diperhatikan adalah luas lahan. Sebaiknya, lahan untuk kolam tidak terlalu luas, agar tampilan akhirnya memuaskan. Jadi, luas kolam sebaiknya proporsional dibandingkan dengan luas rumah. Selain ukuran kolam, faktor view  atau lokasi patut mendapat perhatian.
Ada banyak faktor yang harus diperhatikan pada saat membuat kolam ikan minimalis. Salah satu faktor penting adalah sirkulasi air. Jika sirkulasi air kurang bagus, maka air bisa kotor atau bau. Tentu, syarat utama yang harus dipenuhi untuk membuat kolam adalah kualitas air yang bagus dan jernih.
Salah satu cara mengatur sirkulasi air kolam adalah dengan menggunakan filter. Air disalurkan ke kolam pembuangan, kemudian di filter. Setelah di filter, air kemudian dikembalikan ke kolam. Dengan begitu, sirkulasi air akan tetap terjaga, sehingga tetap jernih.
Material lain yang digunakan dalam pembuatan kolam adalah batu alam andesit sebagai dinding dan dasar kolam. Khusus untuk bagian dasar kolam, sebelum pemasangan batu andesit, dibuat semacam pondasi dari batu bata. Ini untuk menghindari dasar kolam amblas.